Direktorat Pendidikan Agama Islam

Seleksi Calon Penulis Modul/Bahan Ajar PAI di SLB Masuk Tahap Wawancara

Jakarta (Direktorat PAI) – Sebanyak 40 orang Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di Sekolah Luar Biasa (SLB) mengikuti tahap wawancara seleksi calon penulis Modul/Bahan Ajar PAI Bernuansa Moderasi Beragama untuk SLB yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Tahap wawancara ini merupakan kelanjutan dari tahap seleksi berkas yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah, dalam sambutannya pada kegiatan daring wawancara calon penulis Modul/Ajar PAI Bernuansa Moderasi Beragama untuk SLB, menyatakan bahwa Kementerian Agama mempunyai program prioritas Moderasi Beragama. Program ini berkaitan dengan sektor satuan pendidikan dasar dan menengah pada sekolah umum, termasuk SLB.

Menurutnya, salah satu aspek penting dalam mendukung keberhasilan program Moderasi Beragama adalah ketersediaan bahan ajar dan sumber belajar PAI bermuatan Moderasi Beragama yang berkualitas.

“Kementerian Agama berkomitmen untuk menyediakan bahan ajar PAI berwawasan Moderasi Beragama yang berkualitas bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus baik yang ada di SLB maupun sekolah inklusi,” ujar Amrullah, Rabu (11/5/2022).

Amrullah berharap, proses seleksi calon penulis Modul/Bahan Ajar PAI Bernuansa Moderasi Beragama untuk SLB ini dapat menghasilkan penulis profesional yang memiliki wawasan memadai terkait Moderasi Beragama dan Profil Pelajar Pancasila. Harapannya, mereka mampu mengintegrasikan nilai-nilai Moderasi Beragama dan Profil Pelajar Pancasila ke dalam modul/bahan Ajar PAI di SLB.

“Saya berharap proses seleksi calon penulis Modul/Bahan Ajar PAI SLB ini dilakukan secara merit system dan objektif agar dapat menjaring para penulis pilihan yang memenuhi unsur profesionalitas, mempunyai wawasan yang cukup tentang Moderasi Beragama dan Profil Pelajar Pancasila,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit PAI SMA/SMALB/SMK Abdullah Faqih selaku penanggung jawab program berpesan kepada segenap calon penulis agar Modul/Bahan Ajar PAI untuk SLB yang nantinya dihasilkan tidak mempersulit peserta didik berkebutuhan khusus dalam menggunakannya, sehingga tujuan penyusunan Modul/Bahan Ajar PAI dapat tercapai.

“Materi atau bahan ajar untuk peserta didik berkebutuhan khusus seyogianya dapat nudah dipahami dan diterapkan, sehingga apa yang kita inginkan dari penyusunan modul/bahan Ajar PAI SLB ini tepat guna sesuai peruntukannya,” terang Faqih.

Kegiatan wawancara calon penulis Modul/Bahan Ajar PAI Bernuansa Moderasi Beragama untuk SLB dilaksanakan selama 1 hari, tanggal 11 Mei 2022. Selaku pewawancara adalah para pakar yang memiliki kompetensi dan pengalaman di dalam penulisan Modul/Bahan Ajar PAI di SLB.

Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan rangkaian proses seleksi calon penulis Modul/Bahan Ajar PAI di SLB yang sudah dicanangkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam. (Apri)

(01)