Direktorat Pendidikan Agama Islam

(FKGPAI TK) Ajak Siswa Bersalawat dan Berdoa, FKGPAI TK NTB Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Mataram (Direktorat PAI) – Sebanyak dua ribu lebih siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) hadir di masjid terbesar di Nusa Tenggara Barat, Masjid Hubbul Wathon Islamic Centre Mataram, mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam Taman Kanak-kanak (FKGPAI TK) NTB pada Sabtu (22/04).

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah menyampaikan bahwa kehadiran para siswa TK tersebut menjadi momentum penting untuk dasar pengalaman keberagaman meraka. "Kegiatan ini memberikan pengalaman keagamaan bagi anak dalam perkembangan ke depan. Selain itu, para guru juga berkesempatan menanamkan semangat kebangsaan, ke-Indonesia-an, dan penghargaan keragaman agama, suku, dan lainnya," ujarnya.

Direktur pun ikut membacakan ayat pertama dari surah pendek, dengan memperhatikan bacaan dari siswa yang melantunkan kelanjutan surahnya. Selanjutnya, Direktur memberikan hadiah langsung kepada mereka yang telah menjaga hafalan surah-surah dalam juz 30.

Sementara pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Zaidi Abdad mengatakan, lingkungan yang kondusif dan kreativitas guru sangat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

“Lingkungan yang inovatif dan kondusif serta ketekunan dan kreativitas GPAI sangat memengaruhi motivasi dan pertumbuhan anak,” uajar Kakanwil.
Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Rohyal Aini menyampaikan, kegiatan yang mengusung tema “Bumikan Shalawat Sejak Usia Dini Untuk Kedamaian Negeri”, bertujuan untuk mengajak siswa-siswi TK berdoa bersama kepada Allah SWT demi kedamaian di tanah air yang mereka cintai.

Doa juga ditujukan agar Allah senantiasa menjadikan perbedaan sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Acara diisi dengan pembacaan shalawat, disusul shalat Dhuha berjamaah, dan pembacaan Surah Al-Balad. Kegiatan ini juga dimeriahkan penampilan dua dai cilik yang berceramah dengan tema Nuzulul Qur’an dan keutaman menuntut ilmu.

Acara Peringatan Nuzulul Qur’an FKGPAI TK NTB diharidi Direktur Pendidikan Agama Islam, Kepala Kantor Wilayah Provinsi NTB, Subdit PAI pada PAUD dan TK diwakili oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran PAUD dan TK, Kepala Kantor Kemenag Kota dan Jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, serta perwakilan tingkat provinsi dari AGPAI, IGTKI, HIMPAUDI, dan IGRA. (Ita/Wah)

(01)