Direktorat Pendidikan Agama Islam

Direktur PAI: Toleransi Beragama Dapat Ditanamkan Sejak Usia Dini

Bandar Lampung (Direktorat PAI) -- Bertepatan dengan hari Kartini 21 April 2022, Early Childhood Centre (ECC) sekolah Tunas Mekar Indonesia melaksanakan Kegiatan rutin bulan Ramadan, dengan tema "Ramadan Ceria". Kegiatan ini berisi perlombaan bagi peserta didik mulai dari Kelompok Bermain Kecil (usia 2-3 tahun) Kelompok Bermain Besar (Usia 3-4 tahun), Kelompok TK A (usia 4-5 tahun) dan TK B (usia 5-6 tahun).

Lomba yang dilaksanakan adalah mengucapkan lafaz basmalah dan hamdalah (untuk kelompok bermain, doa sebelum - sesudah makan dan surat Al Ikhlas (TK A), doa naik kendaraan (TK B), niat puasa serta surat Al Ikhlas dan Al Lahab (TK B).

Menariknya, ajang Ramadan Ceria ECC Tunas Mekar Indonesia juga dimeriahkan siswa non-muslim. Sebagai bentuk saling menghormati satu sama lain, mereka berpartisipasi dengan menampilkan doa sesuai agama dan kepercayaan mereka.”Dengan ikut memeriahkan kegiatan keagamaan yang berbeda, pada diri para peserta didik diharapkan mulai tertanam nilai toleransi beragama,” tukas Sumami, Principal ECC Tunas Mekar Indonesia (21/4/2022).

Sumami menambahkan, anak-anak perlu diberikan pondasi yang kuat bahwa mereka dapat saja berbeda latar belakangnya, namun tetap harus mampu saling menghargai satu sama lain. Selain itu, dirinya juga menjelaskan tujuan dilaksanakan kegiatan perlombaan ini, yakni memupuk keberanian dan kecintaan anak anak terhadap ajaran agamanya sejak dini.

Menanggapi kegiatan Ramadan Ceria seperti yang dilaksanakan ECC Tunas Mekar Indonesia dan di lembaga lainnya, Direktur Pendidikan Agama Islam memberikan apresiasinya. “Saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan lomba pada bulan Suci Ramadan bagi anak-anak. Saya meyakini, nilai – nilai moderasi beragama dapat ditanamkan sejak usia dini, di antaranya tentang toleransi beragama,” tutur Amrullah di Jakarta (21/4/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh guru Agama Hindu, Agama Kristen, dan Katolik dan para undangan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan di aula ECC Tunas Mekar Indonesia dengan tetap mengikuti prokes. Selain itu ada juga anak-anak yang mengikuti lomba secara online dengan dewan juri. Sementara itu, para orang tua peserta didik bisa menyaksikan kegiatan ini secara langsung dari rumah melalui zoom. (Subdit PAUD/TK)

(01)