Direktorat Pendidikan Agama Islam

Direktur PAI: GPAI Harus Merespons Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bekasi (Diretorat PAI) -- Information and Communication Technology (ICT) merupakan gudang ilmu pengetahuan yang memberi keleluasaan, manfaat, sekaligus tantangan. Untuk itu, para guru harus mampu merespons teknologi informasi dan komunikasi dengan cerdas dan tepat, demikian dikatakan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, Amrullah (21/4).

Amrullah menyampaikan hal tersebut dalam workshop Peningkatan Kompetensi Information and Communication Technology (ICT) Guru dan Pengawas PAI SD/SDLB. Acara dilaksanakan dengan mengundang 40 peserta yang terdiri atas guru dan pengawas PAI dari 20 provinsi. Acara diselenggarakan di Bekasi pada 20-22 April 2022.

Dalam paparannya, Amrullah menekankan pentingnya kontrol kualitas atas arus informasi dan pemanfaatan teknologi komunikasi. “Saya berharap, jangan sampai siswa lebih senang mencari kebutuhan informasi dan pengetahuan lewat komputer, namun gurunya tidak. Padahal, transfer of value tetap menjadi tugas guru,” tukasnya.

Selain itu, ICT, menurut pria kelahiran Tangerang ini, harus dimaknai sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Materi-materi yang disajikan harus dibuat semenarik mungkin.
“Apa yang disampaikan guru harus mudah diterima siswa, jangan sampai mereka malah menjadi tidak mengerti. Guru hendaknya punya metodologi dan cara atau teknik sendiri. Lebih-lebih bagi guru PAI, mereka harus tahu bahwa apa yang disampaikan itu sudah diimplementasikan, bukan sekadar diketahui atau dipahami,” terangnya.

Namun demikian, Amrullah juga tetap mengingatkan bahwa kompetensi ICT, sebagai bagian dari profesionalisme guru, tetap harus sejalan dengan metodologi dan kompetensi guru lainnya seperti pedagogik, kepribadian, sosial, spiritual, dan kepemimpinan.

Sementara itu, Kepala Subdit PAI SD/SDLB, Ilham, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan workshop yang dilaksanakan tiga hari dari tanggal 20-22 April 2022 ini akan menghasilkan produk buku elektronik (e-book) dari peserta.

Buku elektronik tersebut berisi beberapa konten seperti poster untuk pembelajaran, presentasi dalam bentuk bahan tayang, video pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran digital (menggunakan aplikasi Quizizz).

Narasumber dan fasilitator yang mengisi kegiatan Peningkatan Kompetensi ICT Guru dan Pengawas PAI SD/SDLB di bulan Ramadhan adalah para instruktur di bidang ICT, dosen, dan tim dari Innovation for Indonesia's school children (INOVASI) terkait program Moderasi Beragama Kementerian Agama RI. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19. (Wikan)


(01)