Direktorat Pendidikan Agama Islam

SMAN I Cicurug Kabupaten Sukabumi Gelar Gebyar Ramadan

Sukabumi (Direktorat PAI) -- Dalam rangka turut serta menyukseskan program Milenial Smart Trend Ramadan 1443 H yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, SMAN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi menggelar acara Gebyar Ramadan. Acara berbentuk rangkaian kegiatan bertajuk Pesantren Ramadan dan Penulisan Mushaf Al-Qur'an yang laksanakan mulai 11-20 April 2022 di aula SMAN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Rangkaian Gebyar Muharam di SMAN 1 Cicurug ditutup secara resmi pada hari Rabu, 20 April 2020 dengan menampilkan karya siswa berupa tiga mushaf al-Qur’an yang ditulis tangan para siswa berbakat, penyematan penghargaan terhadap para Wisudawan Tahfidz 30 juz yang diikuti sebanyak 20 siswa, serta Santunan Yatim Piatu dan Du'afa.

Kegiatan penutupan Gebyar Muharam ini diikuti oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil V , pengawas PAI SMA Kabupaten Sukabumi, 839 siswa kelas X dan kelas XI, seluruh guru dan staf, Komite Sekolah, dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil V, Nonong Winarti memberikan apresiasinya atas kegiatan ini. “Kami menyambut baik inisatif penguatan karakter Islami ini. Building character berupa pembimbingan dan pembiasaan seperti yang dilakukan oleh SMAN 1 Cicurug ini, patut ditiru oleh sekolah lain,” terangnya (20/4).

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cicurug, Agus Hernawan, menjelaskan latar belakang kegiatan yang sudah menjadi rutinitas ini. “Kegiatan Gebyar Ramadan ini merupakan agenda rutin SMAN 1 Cicurug. Kegiatan kali ini diisi oleh para pecinta Al Qur’an dan sedekah, dengan seluruh dana yang disalurkan sejumlah 64 juta rupiah adalah murni berasal dari infak siswa dan para guru,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pembina keagamaan SMAN 1 Cicurug, Hakim Muslim menjelaskan tujuan pelaksanaan Gebyar Ramadan. “Tujuan pelaksanaan kegiatan Gebyar Ramadhan SMAN 1 Cicurug 1443 H adalah penguatan upaya membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah melalui praktik Pendidikan Agama Islam,” ujar Hakim.

Senada dengan Hakim, Alika Pradana F siswa kelas X MIPA 2 selaku Ketua Pelaksana Gebyar Ramadhan 1443 H mengungkapkan harapannya. “Harapan kami dari pelaksanaan gelaran acara ini adalah mendapatkan keberkahan dan ridho Allah SWT, serta menciptakan semangat dalam menebar kebaikan untuk sesama,” kata Alika. (Tim Media PAI)

(01)