Direktorat Pendidikan Agama Islam

(FKGPAI TK) Bangun Sinergi, FKGPAI TK Jawa Timur Gandeng IGTKI


Sidoarjo (Direktorat PAI) -- Forum Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam (FKGPAI) Taman Kanak-Kanak Provinsi Jawa Timur adakan kegiatan “Sinergi Program FKGPAI TK dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) se-Jawa Timur” pada Rabu (23/06) di Sidoarjo, Jawa Timur. Acara dihadiri oleh perwakilan Direktorat Pendidikan Agama Islam, dalam hal ini Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP) Ketenagaan dan Kurikulum Subdit PAI pada PAUD dan TK, Kankemenag Provinsi Jawa Timur, Kabid PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, dan beberapa praktisi pendidikan.

Hadir sebagai narasumber --mewakili Kasubdit PAI pada PAUD dan TK-- PTP Kurikulum Subdit PAI pada PAUD dan TK, Masitah, yang menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki arti penting bagi kedua wadah profesi. “Kedua lembaga memiliki kaitan kelembagaan yang kuat, oleh karena itu sinergi antarprogram adalah sebuah langkah positif dari FKGPAI TK dan IGTKI,” kata Masitah.

Masitah menambahkan, sinergi dibutuhkan untuk adaptasi menghadapi berbagai perkembangan. “Melalui program-program kerja sama antarorganisasi, guru TK dapat menyesuaikan diri dengan meningkatkan kompetensinya menghadapi perubahan kurikulum yang berlaku. Sinergi dan kolaborasi menjadi hal yang mendasar saat ini. Berbagai perubahan kurikulum harus disambut sebagai tantangan yang harus dihadapi untuk tetap maju dan berkembang," terangnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Ketua FKG PAI Provinsi Jawa Timur Muhammad Yusuf menjelaskan maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini. “Kegiatan ini kami maksudkan sebagai wahana terjalinnya ukhuwah dan kerja sama positif antarorganisasi, khususnya FKG PAI TK dan IGTKI. Kerja sama ini menjadi penting dalam konteks menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, serta secara tidak langsung lebih mengenalkan secara luas akan keberadaan serta eksistensi FKGPAI TK,” jelasnya.

Yusuf juga menekankan pentingnya upaya peningkatan kompetensi guru TK. “Dengan kegiatan seperti ini, kami mengajak seluruh GPAI TK untuk terus belajar menningkatkan kompetensi dan kemampuan adaptif, khususnya dalam menyikapi dan merespons perkembangan kurikulum yang begitu dinamis,” pungkasnya.

Kegiatan diikuti oleh masing-masing ketua tingkat Kabupaten/Kota, baik FKG PAI dan IGTK seluruh Jawa Timur. Penyelenggaaraan acara ini juga memungkinkan diakses secara daring. Dengan pelaksnaan acara seperti ini, Yusuf berharap hubungan antara FKGPAI dengan IGTKI makin terjalin harmonis dan membuka lebih banyak kerja sama yang dapat dijalin oleh kedua wadah profesi tersebut. (Masth/Harn)




(01/SM)