Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kemenag Kukuhkan Pengurus Forum Kabid PAI

Bandung (Dit.PAI) -- Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Amrulllah, mengukuhkan Pengurus Forum Kepala Bidang yang membidangi Pendidikan Agama Islam. Pengukuhan dilakukan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam di Hotel Grand Mercure Bandung, 24 – 26 Februari 2022.


Pengukuhan pengurus Forum Kabid yang membidangi Pendidikan Agama Islam berdasarkan kesepatan bersama semua Kepala Bidang (Kabid) PAI, PAKIS dan Pendis pada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi se Indonesia. Adapun Ketua Forum dijabat oleh Imam Buchori (Kepala pada Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah). Dan sebagai sekretaris dijabat oleh Albahri (Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu).


Direktur PAI Amrullah, dalam sambutan mengatakan bahwa keberadaan Forum Kabid yang membidangi Pendidikan Agama Islam sangat penting, sebagai upaya membangun sinergi dan komunikasi aktif dalam rangka mendukung kualitas kinerja yang profesional.


“Selamat dan Sukses atas terbentuknya serta ditunjuknya Ketua dan Sekretaris Forum Kabid yang membidangi PAI,” kata Amrullah di Bandung, Jumat (25/02).


Amrullah menegaskan bahwa Direktorat PAI dalam menjalankan program dan kegiatan tidak bisa berjalan sendiri, sehingga perlu adanya sinergi antara pusat dan daerah. Oleh sebab itu, dikatakan Amrullah, Kabid PAI sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat PAI di daerah harus mampi berjalan bersama untuk merealisasikan program yang ada di Pusat.


“Kepada seluruh peserta yang hadir untuk bisa lebih bersinergi, menguatkan atau memantapkan seluruh program baik yang ada di Dit PAI pusat maupun yang ada di Kanwil dan Kab/Kota. Saya juga berharap seluruh yang tergabung dalam keluarga besar PAI agar bisa bersinergi dengan Pemda baik di Provinsi maupun Kab/Kota,” harap Amrullah.


Rapat Koordinasi Pendidikan Agama Islam diikuti oleh Kabid PAI, PAKIS dan Pendis pada Kantor Wilayah Kemenag Provinsi se Indonesia, Kepala Subdit di lingkungan Direktorat PAI, Pengembang Teknologi Pengajaran di lingkungan Direktorat PAI dan di masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi, Pengelola Sistem Informasi Pendidikan Islam di masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi, serta Operator SIAGA seluruh Indonesia.


Tampak hadir sebagai pembicara, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) Anindito Aditomo, Staf Khusus Wakil Presiden RI Masykuri Abdillah dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno. (TU-PAI)

(Tim Media)