Direktorat Pendidikan Agama Islam

Pendaftaran Program Bina Kawasan PAI di Daerah Perbatasan dan 3T Resmi Dibuka

Jakarta (Dit. PAI) - Pendaftaran calon peserta program Bina Kawasan PAI di Daerah Perbatasan dan 3T (BK3T) tahun 2021 resmi dibuka pada Rabu (23/6). Plt. Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis), Kementerian Agama RI, Dr. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd mengatakan bahwa kuota peserta yang diterima sebagai peserta BK3T tahun 2021 akan dikurangi dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

“Direktorat PAI hanya mengalokasikan sebanyak 25 orang. Tahun 2022 kami usahakan akan menambah kuota peserta BK3T lebih banyak lagi”, ungkap Rohmat.

Rohmat juga mengapresiasi program BK3T ini. Menurutnya program BK3T ini akan dijadikan sebagai salah satu program unggulan Kemenag RI.

“Program BK3T merupakan program yang sangat bagus, karena dampaknya sangat dirasakan masyarakat. Saya berani bertaruh program ini jauh lebih bagus dari program KKN di perguruan tinggi”, tegas Rohmat.

Menurut Rohmat tujuan utama BK3T adalah untuk mengisi kekurangan guru PAI di daerah perbatasan dan 3T sekaligus berperan menjadi agen moderasi beragama di daerah masing-masing.

“Bina Kawasan sebagai upaya diseminasi moderasi beragama dan pemenuhan kebutuhan guru PAI di daerah,” ungkapnya.

Pendaftraan BK3T dimulai pada 23 Juni hingga 10 Juli 2021. Selanjutnya akan dilakukan seleksi adimintrasi pada 11 Juli hingga 13 Juli 2021, hasil seleksi administrasi diumumkan pada 14 Juli 2021. Seleksi wawancara pada 15 Juli hingga 20 Juli 2021, dan pengumuman peserta yang lolos seleksi wawancara pada 22 Juli 2021. Setelah calon peserta dinyatakan lolos sebagai peserta BK3T, terlebih dahulu peserta akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebelum pemberangkatan pada 25 Juli hingga 01 Agustus 2021. Peserta BK3T akan diberangkatkan ke lokasi pada 02 hingga 03 Agustus 2021.

Rizky Fisa Abadi, M.Ak selaku Kepala Subbag TU Direktorat PAI, Ditjen Pendis, Kemenag RI mengatakan pendaftaran calon peserta program BK3T tahun 2021 terlebih dahulu dimulai dengan pengisian biodata peserta pada akun https://simwas.kemenag.go.id/silaba/. Sebab, untuk bisa mengikuti proses seleksi program BK3T tersebut calon peserta terlebih dahulu diharuskan registrasi pada akun SILABA.

“Peserta diharuskan memiliki registrasi akun SILABA yang pendaftarannya ditutup hingga Juli 2021,” jelas Rizky.

Secara lengkap juknis dan panduan pendaftaran BK3T tahun 2021 bisa dilihat pada portal www.pendis.kemenag.go.id/pai/. (Bahrul)

(Bahrul)