Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta

Kompetensi ICT Permudah Komunikasi Pembelajaran PAI

images/informasi/68beritasma3.jpg

Bandung (Dit. PAI), Sebagaimana diketahui, Subdit PAI pada SMA/SMALB dan SMK menyelenggarakan dua kegiatan sejenis secara bersamaan, yaitu Peningkatan Kompetensi ICT Guru PAI SMA/SMK dan Peningkatan Kompetensi ICT Guru PAI SMALB. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang Guru SMA dan SMK dari berbagai provinsi serta 30 orang orang Guru PAI Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Jawa Barat.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan Guru PAI di bidang teknologi informasi dan komunikasi pembelajaran.

Kasubdit PAI pada SMA/SMALB dan SMK, Direktorat PAI,  Nurul Huda mengatakan bahwa Guru PAI harus memiliki penguasaan ICT (teknologi informasi dan komunikasi-red) demi optimalisasi pelaksanaan proses pembelajaran yang menjadi tugas dan fungsi Guru PAI.

"Materi ini (ICT-red) penting, tentu karena berada dalam kerangka upaya menyukseskan tugas belajar mengajar Guru PAI. Pada prinsipnya, proses belajar mengajar adalah melakukan komunikasi agar pesan dapat disampaikan dan diterima oleh siswa secara utuh, sehingga tidak ditangkap dalam makna yang berbeda dari apa yang dimaksud oleh guru bersangkutan," kata Nurul, Kamis (1/4/2021).

Nurul menambahkan bahwa keberadaan media pembelajaran yang komunikatif akan mampu menyampaikan informasi yang tidak hanya bersifat pengetahuan, tetapi juga mampu mengkomunikasikan nilai-nilai yang berwujud sikap serta perilaku.

 "Kegiatan belajar mengajar merupakan proses penyampaian suatu ide atau informasi yang tidak terbatas pada pengetahuan, tetapi juga sikap dan perilaku atau lainnya, maka dibutuhkan apa yang disebut sebagai media pembelajaran. Dari masa ke masa, media pembelajaran mengalami perkembangan. Karenanya, Guru PAI harus selalu mengikuti perkembangan tersebut," jelasnya. 

Memperkuat penjelasannya, Nurul menyampaikan hasil sebuah penelitian di salah satu kabupaten di Jawa Barat terkait pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian tersebut mengungkap data bahwa selama masa pandemi 80% implementasi PJJ masih dianggap bermasalah. 

 "Menurut hemat saya, masalah atau hambatan dari problem tersebut bisa bersumber dari berbagai aspek, entah guru, siswa, lingkungan, situasi, dan media pembelajarannya itu sendiri," paparnya.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi ICT Guru PAI SMA/SMK dan Peningkatan Kompetensi ICT Guru PAI SMALB dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 1-3 April 2021 bertempat di Hotel Golden Flower, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini menghadirkan para narasumber dari unsur praktisi pendidikan yang memiliki keahlian di bidang ICT. Kegiatan diselenggarakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan sebagai upaya mendukung himbauan pemerintah. (Apriyadi/Tim Media Dit PAI)