Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta

PPKB SD Menjadikan Guru PAI Kreatif

images/informasi/9ppkbsd2.jpg

Tangerang (PAI), Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) diselenggarakan oleh Subdit SD/SDLB Direktorat PAI untuk menyemangati guru PAI tdak hanya mendidik peserta didik memahami agama dan bangsa, tetapi juga untuk terus meningkat profesi dan pangkatnya.  

Hal ini disampaikan Kasubdit PAI pada SD/SDLB Direktorat PAI, Ilham saat membuka kegiatan PPKB 2 untuk penguatan kompetensi guru dalam bidang karya tulis ilmiah pada hari Selasa (30/03) di Hotel Golden Tulip Essential Kota Tangerang, Banten.  

Menurut Ilham kegiatan PPKB dibutuhkan guru PAI untuk peningkatan kompetensi pengajaran dan keprofesiannya. Karena secara konseptual guru PAI cukup lama tidak dapat  memperbaharui pengetahuannya dan meningkatkan keprofesian akibat pembatasan sosial pandemi Covid 19.   “Alhamdulillah tahun ini pemerintah sudah mengizinkan kegiatan, namun pelaksanaannya didasarkan pada protokol kesehatan secara keteat,” pungkas Ilham. 

Ilham menyebutkan bahwa PPKB dalam peningkatkan karya tulis dilaksanakan Subdit SD/SDLB memiliki maksud sebagai berikut.   Pertama, melatih kemampuan guru PAI untuk menuangkan pemikiran sesuai standar penulisan jurnal ilmiah.   Kedua, memberikan motivasi lebih pada guru PAI untuk menuliskan ide-ide kreatif sebagai respons dalam penulisan karya tulis ilmiah.   Ketiga, mengembangkan kemampuan penalaran, konsepsional dan kreativitas guru PAI dalam menjawab problem dan tantangan zaman yang terus meningkat.   Keempat, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru PAI untuk menjadi penulis yang mahir dan terampil.  

Kasi Ketenaggan Aan Daniel Mukhlis menambahkan bahwa PPKB dalam karya tulis ilmiah sebagai salah treatment Subdit SD/SDLB untuk mambantu meningkatkan progresifitas guru PAI dalam meningkatkan kemampuan aktivitas fungsional. Masalah PTK yang dihadapi guru PAI hingga saat ini belum terurai.  

Sementara Kasi Kesiswaan M Nasir menjelaskan bahwa PPKB sebagai respons Subdit SD/SDLB terhadap keluhan para guru PAI khususnya SD.  Keluhan yang selama ini muncul bahwa guru PAI mandek untuk meningkatkan keprofesiannya karena tidak dapat melakukan penulisan karya ilmiah.   Kasubdit SD/SDLB Ilham menyebutkan bahwa Subdit SD/SDLB Direktorat PAI sangat konsern pada masalah dihadapi guru PAI. Kegiatan PPKB dirancang untuk mengurai masalah guru PAI dalam lemahnya penulisan karya tulis. 

  “Dari sisi substansi ouput PPKB SD/SDLB adalah mengantarkan guru PAI menjadi terampil atau mahir, menciptakan gagasan kreatif, inovatif dan aplikatif, dan memberikan konstribusi untuk kemajuan pengajaran, ilmu dan teknologi atau  mampu menjawab tantangan zaman,” sambung Kasubdit SD/SDLB Ilham (YB/Tim Media PAI).