Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4 Jakarta

Membangun Sebuah Harapan

images/informasi/46Menaramasjid.jpg

Memiliki harapan berarti menginginkan hasil yang membuat hidup Anda lebih baik dalam beberapa hal. Ini tidak hanya dapat membantu membuat situasi yang sulit saat ini lebih tertahankan, tetapi juga pada akhirnya dapat meningkatkan kehidupan kita karena membayangkan masa depan yang lebih baik memotivasi Anda untuk mengambil langkah-langkah untuk mewujudkannya.

Apakah kita memikirkannya atau tidak, harapan adalah bagian dari kehidupan setiap orang. Semua orang mengharapkan sesuatu. Itu adalah bagian tak terpisahkan dari menjadi manusia. Harapan membantu kita menentukan apa yang kita inginkan di masa depan kita dan merupakan bagian dari narasi diri tentang kehidupan kita yang kita semua miliki di dalam pikiran kita.

 

Apa Sebenarnya Harapan Itu?

 Definisi harapan bisa berbeda-beda bergantung pada orang yang berbicara. Ketika orang berbicara tentang harapan dalam konteks spiritual, itu mungkin berarti percaya bahwa hal-hal baik akan terjadi dengan keyakinan pada kekuatan yang lebih tinggi. Mereka mungkin mengarahkan harapan mereka ke luar dalam doa.

Bagi orang lain, itu mungkin berarti selalu melihat sisi baiknya dan melihat tantangan sebagai peluang. Dengan kata lain, selalu "berharap yang terbaik".

Merriam-Webster membuat definisi bahwa "harapan" tampak dekat dengan "keinginan": "untuk menghargai keinginan dengan antisipasi: menginginkan sesuatu terjadi atau menjadi kenyataan."

Apapun detailnya, harapan pada umumnya berarti keinginan agar segala sesuatunya berubah menjadi lebih baik, dan sangat menginginkan situasi yang lebih baik itu.

 

Harapan Bukanlah Optimisme

 Harapan tidak sama dengan optimisme. Orang yang optimis umumnya lebih penuh harapan daripada orang lain. Di sisi lain, orang paling pesimis yang pernah Anda temui masih bisa berharap akan sesuatu. Harapan sangat spesifik dan terfokus, biasanya hanya pada satu masalah.

Seperti "Saya harap saya mendapatkan pekerjaan setelah saya diwawancarai" atau "Saya harap dia menelepon saya". Atau, untuk seorang anak kecil selama liburan, "Saya harap saya mendapatkan sepeda yang saya inginkan!"

 

Mengapa Harapan Sangat Penting

 Kebanyakan orang mengasosiasikan harapan dengan situasi yang mengerikan. Orang berharap bisa keluar dari keadaan sulit. Itu sering terjadi ketika orang menemukan diri mereka berharap dengan sungguh-sungguh! Namun harapan juga bisa memberikan kunci untuk menjadikan kehidupan sehari-hari lebih baik.

Menurut Psychology Today, orang  bias merasa bahagia hanya karena bias membayangkan sesuatu yang diharapkan. Sebagai contoh, anak yang melihat dirinya bisa naik sepeda barunya, sudah merasa begitu bahagia. Setitik kebahagiaan itu telah membuat kesulitan yan gdihadapi menjadi lebih mudah untuk ditanggung.

American Psychology Association melaporkan bahwa anak-anak yang tumbuh dalam kemiskinan tetapi kemudian sukses dalam hidup semuanya memiliki satu kesamaan , yaitu  harapan. Dr. Valerie Maholmes, yang mengerjakan penelitian tersebut, mengatakan bahwa harapan melibatkan "perencanaan, motivasi dan tekad" untuk mendapatkan apa yang diharapkan.

 

Arti yang Lebih Dalam

 Dr. Neel Burton, seorang penulis buku yang menulis tentang emosi, menulis bahwa dia selalu bertanya kepada pasien tentang apa yang mereka harapkan, karena jika mereka mengatakan "tidak ada" maka itu adalah tanda depresi atau lebih buruk.

Memiliki harapan penting untuk tindakan menjadi manusia. Seperti yang ditulis Dr. Judith Rich, "Harapan adalah pertandingan di terowongan gelap, waktunya untuk mendapat jalan terang, cukup untuk mengungkapkan jalan di depan dan akhirnya jalan keluar." (sol)

 

Diterjemahkan dari Why Hope Is So Important ?

Di https://hopegrows.net/news/why-is-hope-so-important

 

 

Jakarta, 30 Maret 2021.