Rabu, 26 April 2017






Penerima Beasiswa LPDP Capai 15.000 Lebih, Angkatan Ke-73 Siap Diberangkatkan

Program beasiswa yang pertama kali dirintis di era Menteri Keuangan Sri Mulyani ini pada Sabtu (13/8/2016) kembali mempersiapkan acara puncak keberangkatan untuk angkatan ke-73.

Ratusan anak muda penerima (BPI) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menggelar acara "Socio Tech Day" yang digelar di Wisma Hijau, Depok, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2016).

"Socio Tech Day" merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Persiapan Keberangkatan (PK) Angkatan ke-73 yang diberi nama Barakuda, untuk memeriahkan Hari Teknologi Nasional (Harteknas).

Direktur LPDP Eko Prasetyo mengatakan 130 penerima BPI diharapkan dapat kembali ke Tanah Air dan mendorong pembangunan negeri demi kemajuan bangsa.

"Esensi LPDP ini adalah Anda semua mendapat keistimewaan untuk belajar S2 dan S3 dari uang pajak, maka Anda semua harus membayar kembali itu kepada rakyat Indonesia," kata Eko Prasetyo di Depok, Sabtu.

Program LPDP diinisiasi di era Menteri Keuangan Sri Mulyani sejak 2010, kemudian beasiswa tersebut mulai diberikan kepada anak muda Indonesia mulai 2012 hingga saat ini.

Berdasarkan data LPDP, BPI telah diberikan kepada 12.274 penerima hingga akhir 2015, dan di 2016 telah tercatat 3.129 orang mendapatkan beasiswa untuk studi master dan doktoral. Atau total hingga kini mencapai 15.403 awardee.
Eko menjelaskan dana beasiswa LPDP berasal dari dana abadi untuk pendidikan senilai Rp 15,6 triliun.

"Ini investasi Pemerintah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat mendorong inovasi bagi pembangunan seceptnya pada 5 hingga 10 tahun mendatang," jelasnya.

Sementara itu, PK-73 Barakuda merupakan acara persiapan keberangkatan bagi para penerima beasiswa yang dimulai sejak Senin (8/8/2016) hingga Sabtu (12/8/2016).

Agenda persiapan yang diterima para awardee adalah pembekalan mengenai kepemimpinan, adaptasi budaya dan inovasi dari mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Direktur Eko Prasetyo, Desi Anwar, Pencetus Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Tri Mumpuni, dan Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP Mokhamad Mahdum.

Dalam acara penutupan PK-73 Barakuda, Sabtu, ratusan penerima beasiswa menggelar sejumlah kegiatan sosial secara cuma-cuma bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut antara lain peragaan teknologi dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) Taman Mini Indonesia Indah, Universitas Negeri Jakarta, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Selain itu, para penerima beasiswa juga memunculkan ide kreatif mereka dengan menggelar kuis bagi siswa SD, pemeriksaan kesehatan gratis, jajanan nusantara dan hiburan rakyat.

Diupload oleh : hans (-) | Kategori: Berita Koran Pendidikan | Tanggal: 15-08-2016 08:18



Baca juga dalam Kategori yang Sama:






©2008 - 2015 Direktorat Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama Republik Indonesia
Halaman ini diproses dalam waktu 0.002576 detik