Berita Pendidikan Islam

Moderasi Beragama PAI Sasar Internalisasi Dan Advokasi Nilai-Nilai Agama


Foto

Bekasi (Pendis) - Moderasi beragama masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, artinya moderasi beragama menjadi proyek nasional dan arah kebijakan negara. Hal ini disampaikan Ketua Pokja Moderasi beragama Kemenag RI  Oman Fathurrahman saat kegiatan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Ujian Sekolah PAI pada SD, SMP, SMA dan SMK di Bekasi, Jumat (26/2).

"Tentunya materi Moderasi beragama masuk dalam kurikulum sebagai penguatan moderasi beragama Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah, karena sejatinya Sekolah sebagai tempat transformasi nilai-nilai moderasi beragama ," terang Staf Ahli Menteri Agama ini. 

Menurut Oman, perlu menyamakan pemahaman bahwa moderasi beragama bukan antitesa radikalisme, sehingga  harus dipahami moderasi beragama bukan hanya untuk melawan radikalisme,melainkan untuk menata kehidupan beragama secara keseluruhan.

Moderasi beragama  merupakan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini, termasuk juga para peserta didik.   

"Dalam materi ajar hendaknya menyasar terhadap pentingnya internalisasi nilai-nilai agama, supaya menjadi landasan moral dan etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, hal ini termasuk dalam pendidikan karakter," ungkap Oman. 

Selain itu juga, moderasi beragama bertujuan mengadvokasi mengenai pentingnya menghargai keragaman agama dan tafsir kebenaran ajaran agama, ucapnya. 

Oman menegaskan bahwa moderasi beragama yang diusung Kemenag adalah cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebihan dalam mengimplementasikannya, pungkas Oman. (Hikmah).

Diupload oleh : HIK (-) | Kategori: Kegiatan PAIS | Tanggal: 27-02-2021 08:15