Daftar Berita Pendidikan Islam

Jumat, 25-05-2018 11:36
Ditjen Pendis Dorong PTKIN Susun Peta Proses Bisnis
Foto

Bekasi (Pendis) - Berdasarkan hasil evaluasi Tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi pada Kementerian Agama, didapati beberapa rekomendasi. Satu di antaranya adalah penyusunan... Selengkapnya

 
Jumat, 25-05-2018 09:27
e-Learning Menjadikan Pembelajaran Lebih Kreatif dan Inovatif
Foto

Bekasi (Pendis) - Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) hari ini menyelenggarakan salah satu program unggulannya dalam rangka meningkatkan kompetensi Dosen PAI pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) di bidang penggunaan model pembelajaran berbasis teknologi informasi. Forum... Selengkapnya

 
Jumat, 25-05-2018 08:59
Kamaruddin Amin: PBSB, Beasiswa Mahasiswa Asing dan Mahad Aly Jadi Langkah Menuju Destinasi Kajian Islam Dunia
Foto

Bekasi (Pendis) - Jelang pengumuman kelulusan calon mahasiswa Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB), Kementerian Agama (Kemenag) melakukan pertemuan dengan 13 Perguruan Tinggi Mitra (PTM). Pertemuan ini dihadiri oleh para pengelola PBSB pada UIN Jakarta, UIN Bandung,... Selengkapnya

 
Jumat, 25-05-2018 08:16
Arskal Salim: Bantuan Sarpras Harus Dukung Akreditasi PTKIS
Foto

Jakarta (Pendis) - Bantuan sarana dan prasarana (sarpras) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) harus mendukung untuk penguatan akreditasi perguruan tinggi. Karenanya harus ada afirmasi untuk perguruan tinggi yang benar-benar membutuhkan.

Demikian ditegaskan... Selengkapnya

 
Jumat, 25-05-2018 05:34
Sukses Tes CBT, Kemenag Siap Umumkan Calon Mahasiswa PBSB
Foto

Bekasi (Pendis) - Setelah sukses menggelar tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) berbasis online secara serentak pada 14 s/d 17 Mei lalu, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) melakukan... Selengkapnya

 
Jumat, 25-05-2018 00:00
Kemenag Dorong Madrasah Siapkan UKS/M
Foto

Bogor (Pendis) - Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Standar Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) guna memberikan bimbingan kepada penyelenggara dan UKS/M.

"Kegiatan... Selengkapnya

 
Kamis, 24-05-2018 13:03
Kamaruddin Amin: Madin Harus Respon Kebutuhan Generasi Milenial
Foto

Tangerang (Pendis) - Kalau kita melihat demografi penduduk Indonesia saat ini terbagi menjadi generasi milenial, kelas menengah, dan masyarakat perkotaan. Mereka sangat kritis, organized society, kreatif, dibanding masyarakat pedesaan.

"Penyelenggara pendidikan... Selengkapnya

 
Kamis, 24-05-2018 12:54
Sinergitas Pemerintah, Akademisi, dan Pelaku Industri : Best Practice dari IKIM
Foto

Malaysia (Pendis) - Kementerian Agama, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) dan Institut Kemahiran Industry Melaka (IKIM) Malaysia mengadakan pertemuan di IKIM guna membahas sinergi pengembangan dan pembekalan skill generasi muda, Rabu (24/05).

Pertemuan ini... Selengkapnya

 
Kamis, 24-05-2018 12:51
Respon Revolusi Industri 4.0, Direktorat GTK Madrasah Jalin Kerjasama Malaysia untuk Peningkatan Skill Guru Madrasah
Foto

Malaysia (Pendis) - Kerjasama antara Kementerian Agama dengan Malaysia dalam hal peningkatan dan pembekalan skill guru madrasah di bidang industri segera terwujud. Hal ini terlihat dari kunjungan kerja Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah ke... Selengkapnya

 
Kamis, 24-05-2018 09:30
Dirjen Pendis Harapkan UKS/M Berperan Menekan Stunting
Foto

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Standar Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Bogor, 23 s/d 25 Mei 2018.

Kegiatan Bimtek UKS/M... Selengkapnya

 
Halaman

Index Berita

Tanggal Bulan Tahun Kategori

International Islamic
Education Exhibition



ICE-BSD City, 21-24 November 2017
Theme: Indonesian Islamic Education for Global Peace

Selengkapnya

Tolak Gratifikasi

Zona Integritas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Madrasah

Lembaga Pendidikan Formal Dibawah Kementerian Agama dari tingkat Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Aliyah.

Selengkapnya

Pendidikan Diniyah &
Pondok Pesantren


Pemerataan pembangunan ke seluruh masyarakat melalui pendidikan diniyah dan pondok pesantren.

Selengkapnya

Pendidikan Tinggi
Keagamaan Islam


Pengelolaan terhadap Perguruan Tinggi Agama Islam baik Negeri maupun Swasta.

Selengkapnya
Data Pendidikan Islam (EMIS)
Data Pokok terdiri dari semua Jenjang Pendidikan
Regulasi Pendis
Regulasi terkait Pendidikan Islam
Bantuan dan Layanan.
Daftar Layanan Publik dan Bantuan
E-Book Pendis
Kumpulan Publikasi dan Informasi dalam bentuk digital


Assalamu alaikum Wr. Wb.
Para pembaca yang kami hormati. Selamat datang di situs web Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Situs web ini merupakan salah satu media informasi yang dapat diakses secara luas oleh para stakeholder pendidikan Islam dan masyarakat juga diharapkan menjadi salah satu referensi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi-informasi terkait dengan berbagai kebijakan, program dan kegiatan pengembangan pendidikan Islam yang menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN, program pendidikan Islam saat ini telah menyentuh sejumlah target strategis, seperti peningkatan akses dan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD); peningkatan akses dan mutu pendidikan dasar-menengah (wajib belajar 12 tahun); peningkatan akses, mutu dan relevansi pendidikan tinggi Islam; peningkatan layanan pendidikan keagamaan yang berkualitas; peningkatan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan umum; serta peningkatan tata kelola pendidikan agama.
Target-target strategis tersebut dituangkan melalui berbagai kegiatan berskala nasional, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), Bidik Misi, beasiswa bagi siswa/santri/mahasiswa berprestasi, rehabilitasi ruang kelas, bantuan peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kualifikasi pendidikan guru/dosen, sertifikasi guru/dosen, tunjangan guru/dosen, pengembangan madrasah unggulan, penerapan kurikulum RA/Madrasah, dan lain-lain.
Melalui media situs web ini, pembaca diharapkan dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam konteks pembangunan pendidikan Islam sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional. Selamat membaca.
Wassalam,
Kamaruddin Amin
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama R.I

Pengumuman

Pengumuman Lainnya ...


LAYANAN PUBLIK

  Foto Galeri

Galeri Foto Lengkap...







Buku Statistik


  Berita



Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Foto


Index Berita ...

  Artikel Pilihan




Foto


Foto


Foto






  Diskusi Pendis

  Download

  Twitter

  Facebook